• Selasa, 5 Juli 2022

Wisata Jambo Hatta, Nuansa Sejarah Dari Aceh Selatan

- Kamis, 5 Mei 2022 | 16:05 WIB
Jambo Hatta (Acehnomics)
Jambo Hatta (Acehnomics)

ACEHNOMICS.COM | DESTINASI - Tahun 1953 Drs. Mohammad Hatta atau kerap disapa Bung Hatta, pendamping setia Soekarno pada masa transisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menginjakkan kaki di Aceh, upaya penguatan kesatuan dan persatuan daerah.

Baca Juga: Masyarakat Bugak Mesjid Temukan Mayat Dalam Sumur

Menggenang itu, prasasti berukuran seratus centimeter berpagar rantai besi, masih tampak utuh diatas bukit yang sudah direnovasi menjadi sebuah Caffe, tepatnya di Gampong Lhok Beukam, Kecamatan Tapak Tuan, Aceh Selatan.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Aceh Timur, Tiga Sekeluarga Tewas Mengenaskan di Hari Raya Idul Fitri

Sebagi wakil presiden Republik Indonesia pada masa itu, lokasi persinggahan proklamator tersebut menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata di Kota Naga, selain nuansa pemandangan yang indah, juga memiliki nilai pendidikan sejarah.

Kawasan yang diberi nama puncak gunung Pintoe Angen ini, merupakan jalan lintas sumatera penghubung Aceh dengan Sumatera Utara.

Sebagai jalur umum pada siang hari sekitar lokasi hampir tak pernah sepi pelintas, terlebih pada saat perayaan Idul Fitri dan hari besar lain.

Baca Juga: Haji Uma Luncurkan Album Baru Syetan Daya

Lokasinya berada ditikungan pengunungan, jika dari Kota Tapak Tuan, hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk tiba ke tempat bersejarah itu.

Halaman:

Editor: Mustakim Bakhtiar

Tags

Terkini

Sejarah Masjid Jin di Aceh

Sabtu, 2 Juli 2022 | 15:29 WIB

Kerkof Peutjut, Makam Masal Tentara Belanda di Aceh

Minggu, 27 Maret 2022 | 13:25 WIB

Festival Kopi Digelar di Banda Aceh

Sabtu, 26 Maret 2022 | 11:11 WIB

Panaroma Alam Kota Banda Aceh Yang Menakjubkan

Senin, 14 Maret 2022 | 22:51 WIB
X