• Selasa, 27 September 2022

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria Bakal Diberhentikan, Siapa Penggantinya?

- Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:38 WIB
Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria Bakal Diberhentikan, Siapa Penggantinya? (NET)
Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria Bakal Diberhentikan, Siapa Penggantinya? (NET)

ACEHNOMICS.COM - DPRD DKI Jakarta menjadwalkan rapat badan musyawarah (bamus) dengan agenda membahas pengumuman pemberhentian Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria periode 2017-2022 pada Selasa, 30 Agustus 2022 di Bogor, Jawa Barat.

"Kami bamus-kan dulu," kata Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi di Jakarta, dilansir dari tvOnenews, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Baca Juga: Tegas! Kamaruddin Beri Komentar Keras Soal Putri Candrawathi yang Belum Ditahan

Badan Musyawarah DPRD DKI, lanjut dia, akan menetapkan jadwal rapat paripurna pengumuman pemberhentian Anies dan Riza sebagai Gubernur DKI dan Wakil Gubernur DKI.

Selain itu, juga menetapkan jadwal rapat paripurna penutupan masa sidang kedua dan pembukaan masa sidang ketiga tahun 2022. Rencananya rapat diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka Resort di Cipayung, Bogor, Jawa Barat pukul 09.00 WIB. Hotel tersebut merupakan hotel yang berada di bawah naungan BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Tourisindo (Jaktour).

DPRD DKI telah melayangkan surat undangan terkait rapat itu kepada pimpinan dan anggota Bamus DPRD DKI Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta pada Senin, 22 Agustus 2022.

Kementerian Dalam Negeri telah menyurati gubernur dan Ketua DPRD provinsi di Tanah Air yang masa jabatan gubernur dan wakil gubernur akan berakhir pada 2022. Adapun Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria akan berakhir masa jabatannya pada 16 Oktober 2022.

Berdasarkan pasal 79 ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk gubernur dan wakil gubernur.

Baca Juga: Dicecar 80 Pertanyaan, Ini Pengakuan Putri Candrawathi di Depan Penyidik Bareskrim

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri

Tags

Terkini

PAN Siap Umumkan Capres Cawapres Hasil Rakernas

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:11 WIB

Terpopuler

X