Hukum Itikaf di Rumah, Sah atau Tidak? Ini Penjelasannya

- Selasa, 26 April 2022 | 02:30 WIB
Hukum Itikaf di Rumah, Sah atau Tidak? Ini Penjelasannya (Islami.co)
Hukum Itikaf di Rumah, Sah atau Tidak? Ini Penjelasannya (Islami.co)

ACEHNOMICS.COM - Dalam 10 hari terkahir Ramadhan, umat Muslim kerap berlomba-lomba dalam meraih pahala berlipat. Salah satunya dengan fokus itikaf di masjid terdekat.

Meski demikian, tidak semua orang memiliki keleluasaan waktu maupun tenaga untuk itikaf dan bermalam di masjid. Bolehkah seseorang melakukan itikaf di rumah? Simak pembahasannya.

Dilansir dari Republika, Senin 25 April 2022, dalam Ensiklopedi Fatwa Ramadhan karya Syekh Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Al Maqshud dijelaskan, ulama Arab Saudi, Syekh Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin mengatakan bahwa itikaf memang harus dilakukan di masjid.

Baca Juga: Erupsi Gunung Anak Krakatau Tidak Pengaruhi Jalur Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni

Syekh Abdullah menyebut itikaf tidak sah jika dilakukan di luar masjid. "Itikaf itu hukumnya sunnah, tidak sah ditunaikan selain di masjid," jelasnya. Menurutnya, itikaf disebutkan dalam Alquran dalam surat Al Baqarah ayat 187.

Dalam ayat itu dijelaskan, beritikaf dilakukan di masjid dan orang-orang yang melakukannya dilarang untuk mencampuri istri-istrinya saat sedang beritikaf di masjid. Allah SWT berfirman:


وَأَنتُمْ عَٰكِفُونَ فِى ٱلْمَسَٰجِدِ Artinya: "Sedang kamu beritikaf di dalam majid." (QS Al Baqarah: 187).

Itikaf juga disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 125. Dalam ayat itu, Allah SWT berfirman:

وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri

Tags

Terkini

PAN Siap Umumkan Capres Cawapres Hasil Rakernas

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:11 WIB
X