Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Bagi Wanita yang Sedang Haid

- Senin, 25 April 2022 | 04:00 WIB
Bagaimana cara mendapatkan malam lailatul qadar bagi wanita yang sedang haid (TribunNews.com)
Bagaimana cara mendapatkan malam lailatul qadar bagi wanita yang sedang haid (TribunNews.com)

ACEHNOMICS.COM - Haid tak menghalangi seorang wanita untuk mendapatkan malam lailatul qadar. Begitu juga wanita di kondisi nifas, serta tidak berpuasa karena hamil.

Menurut Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Prof Dr KH Ahmad Satori Ismail, banyak amalan yang dapat dijalankan saat malam-malam terakhir Ramadhan, yang juga bisa dilakukan oleh wanita yang tengah berhalangan tersebut.

Baca Juga: Resep Menu Lebaran 2022: Capcay Sapi Lada Hitam untuk Momen Lebaran

"Mereka bisa memperbanyak dzikir, taat pada suami dan orang tua dan tidak meninggalkan kewajiban sebagai istri dan anak. Bahkan seorang wanita dapat memeprbanyak doa tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga keluarga dan negara," kata dia, disadur dari Republika.

Lebih lanjut, dia mengatakan, orang tua bisa mendapatkan malam lailatul qadar berkat kesuksesan mendidik anak yang sholeh dan sholehah. Dia memberitahu, bagi anak-anak mereka yang rajin beribadah namun belum baligh atau mumayiz, maka orang tua yang mendapat pahala ibadah tersebut.

Dia mengatakan, malam lailatul qadar merupakan malam yang mulia, di mana beribadah di malam itu sama dengan beribadah seribu bulan. Rasul pun setiap Ramadhan senantiasa mengajak keluarga memperbanyak ibadah dan akan meningkat ketika 10 hari terakhir.

Amal Ibadah Selain Shalat
Sementara itu, Ustadz Bachtiar Nasir (UBN) menjelaskan, di dalam surah al-Qadr, Allah SWT menjelaskan, pada malam inilah Alquran sebagai hidayah bagi umat manusia diturunkan. Beribadah pada malam ini lebih baik daripada beribadah seribu bulan. Para malaikat bersama malaikat Jibril turun pada malam ini dengan membawa rahmat dan berkah. Malam ini penuh kedamaian dan kesejahteraan bagi orang-orang beriman.

Baca Juga: Resep Menu Lebaran 2022: Cumi Sambal Gurih untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Selain itu, malaikat pun memberikan salam kepada orang beriman sampai terbit fajar. Menurut UBN, ada banyak aktivitas ibadah yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid pada malam-malam 10 terakhir Ramadhan. Pertama, berdoa sebanyak-banyaknya kepada Allah. Sebab, berdoa pada malam-malam itu sangat mustajab untuk dikabulkan.

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri

Tags

Terkini

PAN Siap Umumkan Capres Cawapres Hasil Rakernas

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:11 WIB
X