Ketua IAEI Aceh: Bank Aceh Berperan Strategis Dalam Ekosistem Syariah

- Senin, 28 November 2022 | 23:30 WIB
Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Aceh, Prof Dr Nazaruddin AW, (Acehmomics)
Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Aceh, Prof Dr Nazaruddin AW, (Acehmomics)

ACEHNOMICS.COM | LKS - Sebagai bank daerah berbasis syariah, Bank Aceh berperan strategis dalam mendukung ekosistem syariah.

Namun diperlukan dukungan kolaboratif dari beragam pihak untuk mendorong percepatan akselerasi ekonomi berbasis ekosistem syariah di Aceh.

Baca Juga: Gema Anak Soleh, Mahasiswa KKN Kelompok 56 Mengadakan Lomba MTQ Antar Dusun


Hal tersebut dikatakan Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Aceh, Prof Dr Nazaruddin AW, dalam audiensi bersama Bank Aceh, di Banda Aceh, Sabtu (26/11/2022).


“Percepatan ekonomi syariah menjadi agenda penting yang harus terus dilakukan, salah satunya dengan membangun dan menjadikan ekonomi syariah terintegrasi ke sebuah ekosistem,” ujarnya.


Dikatakan, kehadiran Bank Aceh dalam melakukan proses konversi telah sejalan dengan keinginan luhur menjalankan syariat islam dalam konteks muamalah. Dalam konteks Aceh, UU No. 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Propinsi Daerah Istimewa Aceh, UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh, dan Qanun LKS Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah menjadi instrumen penting dalam implementasi ekonomi syariah di Aceh pada hari ini.

Baca Juga: Link dan Cara Daftar PPK dan PPS Pemilu 2024, Ini Syaratnya


Menurutnya, pengembangan ekosistem ekonomi syariah di Aceh membutuhkan penguatan pondasi di berbagai aspek, tidak hanya perbankan, tetapi juga aspek lainnya seperti aktivitas sektor riil, iklim investasi, dukungan finansial, regulasi, hingga kualitas sumber daya manusia atau SDM yang kompeten di bidang syariah. “Penguatan harus berjalan di berbagai sektor secara paralel tetapi saling bersinergi,” ujar guru besar UIN Ar Raniry ini.

Nazaruddin menegaskan, kolaborasi dari pemerintah, swasta, akademisi, tokoh dan masyarakat, maupun sektor keuangan sangat dibutuhkan dalam membangun ekosistem ekonomi syariah yang handal.

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri

Tags

Terkini

X