Penikam Salman Rushdie Didakwa Percobaan Pembunuhan, Ditahan Tanpa Jaminan

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:44 WIB
Penikam Salman Rushdie Didakwa Percobaan Pembunuhan, Ditahan Tanpa Jaminan (NET)
Penikam Salman Rushdie Didakwa Percobaan Pembunuhan, Ditahan Tanpa Jaminan (NET)

ACEHNOMICS.COM - Penulis novel Satanic Verses atau Ayat-ayat Setan, Salman Rushdie ditikam. Hadi Matar, tersangka penyerangan di acara sastra di negara bagian New York, didakwa percobaan pembunuhan. Ia ditahan tanpa jaminan.

Penangkapan Hadi Matar usai Salman Rushdie ditikam disampaikan kantor Kejaksaan Distrik Chautauqua, New York, Amerika serikat pada Sabtu 13 Agustus 2022.

Baca Juga: PMN Kepada BUMN Pangan Diharapkan Mampu Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Menurut jaksa wilayah, Jason Schmidt, Hadi Matar, pria berusia 24 tahun dari Fairview, New Jersey, didakwa pada Jumat malam waktu setempat atas tuduhan percobaan pembunuhan di tingkat kedua dan penyerangan di tingkat kedua terhadap Saan Rushdie.

Schmidt mengatakan, lembaga penegak hukum negara bagian dan federal, termasuk di New Jersey, bekerja saat ini tengah diselidiki apakah ada perencanaan dan persiapan yang mendahului serangan itu dan menentukan apakah tuntutan tambahan harus diajukan.

Penulis kelahiran India, Salman Rushdie, yang menghabiskan bertahun-tahun bersembunyi setelah Iran mendesak umat Islam untuk membunuhnya atas novelnya The Satanic Verses, ditikam di leher dan dada di atas panggung pada sebuah kuliah pada hari Jumat.

Setelah menjalani operasi beberapa jam, Salman Rushdie harus menggunakan ventilator dan tidak dapat berbicara pada Jumat malam.

Reuters, seperti dikutip dari CNA belum bisa memastikan apakah Hadi Matar, yang membeli tiket ke acara di Chautauqua Institution barat New York, memiliki penasehat hukum atau tidak.

Menurut NBC New York, penyelidikan awal penegakan hukum terhadap akun media sosial Hadi Matar menunjukkan dia bersimpati kepada ekstremisme Syiah dan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran.

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri

Tags

Terkini

Elon Musk Mau Beli Manchester United?

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 17:49 WIB
X