• Minggu, 14 Agustus 2022

Kurs Pajak: Definisi, Penetapan dan Fungsi untuk Perusahaan

- Minggu, 3 Juli 2022 | 12:19 WIB

ACEHNOMICS.COM | EKONOMI - Setiap pebisnis atua pengusaha pasti memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnis mereka sebesar mungkin.

Termasuk dalam jangkauan penjualan barang produksinya kebanyak tempat bahkan sampai keluar negeri.

Nah, ketika sebuah bisnis atau perusahaan sudah sampai ke level dimana telah melakukan kegiatan ekspor-impor secara rutin artinya persuahaan tersebut memiliki penghasilan dari mata uang yang berbeda.

Jadi untuk memudahkan penghitungan bea masuk dan bea keluar, setiap perusahaan wajib untuk mengetahui nilai kurs pajak setiap melakukan transaksi ekspor-impor ke banyak negara. Tapi apa itu kurs pajak?

 

Definisi Kurs Pajak

Kurs pajak adalah nilai tukar yang dikonversi dari suatu mata uang. Dengan demikian, pengertian kurs pajak adalah nilai tukar yang digunakan untuk urusan pembayaran pajak.

Kurs pajak ini bersifat fluktuatif dan nilainya ditetapkan setiap seminggu sekali oleh Kemenkeu melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK), berlaku selama 7 hari. Nilai dari kurs pajak akan berubah-berubah (fluktuatif) tergantung pada perubahan nilai mata uang dollar Amerika (USD) yang dijadikan acuan utama.

Kurs pajak ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) setiap minggunya, sehingga disebut Kurs Pajak Mingguan. Seminggu sekali, Kemenkeu menetapkan kurs pajak baru sebagai dasar penghitungan pajak.

Dasar hukum kurs pajak diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.1 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No.8 Tahun 1983 tentang PPN dam PPnBM, sebelumnya telah diubah terakhir dengan UU No.42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga atas UUU No.8 Tahun 1983 tentang PPN Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri

Tags

Terkini

Aceh Culinary 2022 Segera Diselenggarakan

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:17 WIB

Alasan Ini Buat Roy Suryo Tak Ditahan Polisi

Jumat, 29 Juli 2022 | 23:50 WIB
X